Minggu, 12 Juni 2011


 manusia, sain dan tekonologi

Tujuan Pembelajaran:
Tujuan pembelajaran yang diharapkan dari topic ini adalah agar mahasiswa mampu memahami peranannya dalam pengembangan IPTEK, bagaimana pengaruh perkembangan IPTEK bagi diri dan masyarakatnya, serta bagaimana bila manusia mendewakan IPTEK dan bila mngembangkan IPTEK tanpa dilandasi nilai-nilai etis dan religius.
Sain dan teknologi dapat berkembang melalui penemuan (discovery), penciptaan (invention), melalui berbagai bentuk inovasi dan rekayasa. Kegunaan IPTEK bagi manusia sangat tergantung dari nilai, moral, norma dan hokum yang mendasarinya. IPTEK tanpa nilai sangat berbahaya dan manusia tanpa IPTEK mencerminkan keterbelakangan.
PENGERTIAN
·         SAINS
Sains adalah ilmu pengetahuan yang teratur (sistematis) yang dapat diuji kebenarannya sesuai dengan realita.
·         TEKNOLOGI
Teknologi merupakan keterampilan manusia menggunakan sumber daya alam untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi dalam kehidupan.
MAKNA SAIN, TEKNOLOGI, DAN SENI BAGI MANUSIA
·         Perkembangan Teknologi
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mendatangkan kemakmuran materi. Dengan menggunakan cabang-cabang ilmu pengetahuan baru, kita dapat memperoleh hasil.
·         Iptek dan Nilai
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bergerak cepat, sehingga perlu ditanggapi dan dipersiapkan dalam menghadapinya sesuai kebutuhan bangunan. Teknologi dapat membawa bencana, sebaliknya juga telah terbukti bahwa bagi mereka yang dapat memanfaatkannya, teknologi tersebut dapat menolong mereka dalam meningkatkan kesejahteraan hidupnya.
·         Manusia sebagai Subjek dan Objek Iptek
Dengan adanya kemajuan ilmu teknologi manusia dapat menciptakan perlengkapan yang canggih untuk berbagai kegiatan sehingga dalam kegiatan kehidupannya tersedia berbagai kemudahan.
Sains merupakan satu proses pencarian kebenaran untuk menerangkan hokum-hukum alam dengan memahami hakikat makhluk hidup. Pendekatan yang digunakan disebut pendekatan saintifik.
Teknologi dianggap sebagai penerapan ilmu pengetahuan dalam wujud perbuatan atau perwujudan sesuatu.
Makna IPTEK : Perkembangan teknologi dapat menghasilkan kemakmuran bagi masyarakat. Sifat ketidakpuasan manusia mendorong kemajuan teknologi digunakan untuk memudahkan kehidupan manusia.
Nilai IPTEK : Iptek dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pembangunan. Perkembangan iptek harus mampu menyesuaikan nilai yang dianut suatu masyarakat.
Tingkat teknologi berdasarkan penerapannya dapat dibagi sebagai berikut:
·         Teknologi tinggi (Hi – tech)
·         Suatu jenis teknologi mutakhir yang dikembangkan dari hasil penerapan ilmu pengetahuan terbaru.
·         Contoh: computer, laser, bioteknologi, satelit komunikasi dan sebagainya.
·         Ciri-ciri teknologi ini adalah padat modal, didukung rasilitas riset dan pengembangannya, baiya perawatan tinggi, keterampilan operatornya tinggi dan masyarakat penggunya ilmiah
Teknologi Madya
·         Suatu jenis teknologi yang dapat dikembangkan dan didukung masyarakat yang lebih sederhana dan dapat digunakan dengan biaya dan kegunaan yang paling menguntungkan.
·         Ciri teknologi madya adalah tidak memerlukan modal yang terlalu besar dan tidak memerlukan pengetahuan baru, karena telah bersifat rutin.
·         Penerapan teknologi madya ini bersifat setengah padat modal dan padat karya, unsure-unsur yang mendukung industrinya biasanya dapat diperoleh di dalam negeri dan keterampilan pekerjanya tidak terlalu tinggi.
Teknologi Tepat Guna
·         Teknologi ini dicirikan dengan skala modal kecil, peralatan yang digunakan sederhana dan pelaksanaannya bersifat padat karya. Biasanya dilakukan di Negara-negara berkembang, karena dapat membantu perekonomian pedeesaan, mengurangi urbanisai dan menciptakan tradisi teknologi dari tingkat palind sederhana.
Dampak penyalahgunaan IPTEK bagi kehidupan:
·         Nuklit
·         Polusi udara, tanah, air suara, social budaya
·         Efek rumah kaca
·         Klonasi/cloning
Faktor penghambat manusia untuk maju
·         Disiplin yang rendah
·         Daya juang yang rendah
·         Tidak jujur
·         Bahasa
·         Tidak adanya penghargaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar