Jumat, 17 Juni 2011

Modernisasi, Globalisasi, dan Universalisme

Pada dasarnya setiap masyarakat menginginkan perubahan dari keadaan tertentu kearah yang lebih baik dengan harapan akan tercapai kehidupan yang lebih maju dan makmur. Keinginan akan adanya perunahan itu adalah awal dari suatu proses modernisasi. Beberapa pengertian modernisasi dari beberapa pakar menurut Wilbert E Moore, modernisasi adalah suatu transformasi total kehidupan bersama yang tradisional atau pra modern dalam arti teknologi serta organisasi sosial kearah pola-pola ekonomis dan politis yang menjadi cirri Negara berat yang stabil. Modernisasi merupakan mengangkat kehidupan, suasana batin yang lebih baik dan maju daripada kehidupan sebelumnya suasana kehidupan yang serasi dengan kemajuan jaman. Dalam kehidupan modernisasi tercermin alam fikiran rasional, ekonomis, efisien menuju kehidupan yang makin produktif.

GLOBALISASI
Globalisasi adalah suatu proses dimana antar individu, antar kelompok dan antar Negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan mempengaruhi satu sama lain yang melintas batas Negara. Globalisasi adalag suatu istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia diseluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu Negara semakin sempit.
Penigkatan interaksi melalui perkembangan media masa terutama televisi, film, music, dan transmisi berita dan olah raga interntional. Saat ini kita dapat mengkonsumsi dan mengalami gagasan dan penglaman baru mengenai hal-hal yang melintas beraneka ragam budaya misalnya dalam bidang fashion, literature, dan makanan. Miningkatnya masalah bersama misalnya bidang lingkungan hidup, krisis multinasional regional dan lain-lain. Kennedy dan cohen menyimpilkan bahwa transformasi ini telah membawa kita kedalam globalisme.
Universalisme
Universalisme adalah kesetaraan atau tidak ada pembeda, sebagai akibat terjadinya global imfact dari globalisasi secara keseluruhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar