Minggu, 12 Juni 2011

materi 8

MANUSIA DAN PERADABAN



A. Tujuan Pembelajaran

Agar mahasiswa mampu memahami dirinya sebagai makhluk yang beradab serta meyakini bahwa peradaban merupakan wujud kebudayaan sebagai hasil kreatifitas manusia, sekaligus mempengaruhi serta menjadi pedoman bagi hidupnya.

B. Pengertian Adab dan Peradaban

Istilah peradaban dalam bahasa Inggris disebut Civilization. Peradaban asal kata adab artinya akhlak, kesopanan atau kehalusan budi pekerti.

Peradaban = berkata dengan konsep nilai norma, etika, estetika di masyarakat dipakai untuk menyebut bagian-bagian dan unsur-unsur dari kebudayaan yang halus dan indah misalnya : kesenian, ilmu pengetahuan, adat, sopan santun, pergaulan, kepandaian menulis. Organisasi kenegaraan atau system teknologi, seni bangunan.

Istilah peradaban sering dipakai untuk menunjukkan pendapat dan penilaian kita terhadap perkembangan kebudayaan. Pada waktu perkembangan kebudayaan mencapai puncaknya berwujud unsur-unsur budaya yang bersifat halus, indah, tinggi, sopan, luhur, dan sebagainya, maka masyarakat pemilik kebudayaan tersebut dikatakan telah memiliki peradaban yang tinggi.

Fairchild, 1980:41, menyatakan peradaban adalah perkembangan kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu yang diperoleh manusia pendukungnya.

Kontjaraningrat (1990:182) menyatakan peradaban untuk menyebut bagian dan unsur kebudayaan yang halus, maju, dan indah seperti misalnya kesenian, ilmu pengetahuan, adat sopan santun pergaulan, kepandaian menulis, organisasi kenegaraan, kebudayaan yang mempunyai system teknologi dan masyarakat kota yang maju dan kompleks.

Tinggi rendahnya peradaban suatu Negara sangat dipengaruhi oleh :

a. Kemajuan teknologi

Kemampuan teknologi menjadikan bangsa itu dianggap lebih maju dari bangsa-bangsa lain pada zamannya. Kemajuan teknologi dapat dilihat dari infrastruktur bangunan, sarana yang dibuat, lembaga yang dibentuk dll.

b. Ilmu pengetahuan

c. Tingkat pendidikan

Peradaban ditentukan pula oleh tingkat pendidikan salah satu ciri yang penting dalam definisi peradaban adalah berbudaya (cultured). Orang yang cultured adalah juga yang lettered artinya melek huruf. Orang yang cultured adalah yang mampu menghayati dan memahami hasil kebudayaan adiluhung yang hanya bisa didapatkan dengan pendidikan yang tarafnya tinggi.

Catatan unik :
Masyarakat adab memiliki padanan yang dikenal dengan masyarakat madani (masyarakat yang teratur dan beradab) atau masyarakat sipil (civil society).
Peradaban hanya terwujud dalam masyarakat teratur.

Gelombang perubahan peradaban umat manusia mengalami 3 gelombang :

1. Gelombang I (the first wave) Revolusi Hijau

Dalam gelombang ini manusia menemukan dan menerapkan teknologi pertanian. Manusia cenderung bertempat di suatu tempat yang kemudian menumbuhkan desa.

2. Gelombang II Revolusi Industri (1700-1970)

1712 : penemuan mesin uap ditemukan mesin-mesin bergerak cepat dan ban berjalan. Mesin-mesin dapat mendengar dan melihat setajam pancaindera. Lahir macam-macam mesin baru yang akhirnya dikoordinir dengan rapi menjadi pabrik. Penggunaan mesin industri telah memajukan kesejahteraan dan kemakmuran bangsa eropa.

3. Gelombang III Revolusi Informasi

Ditandai dengan kemajuan teknologi informasi yang memudahkan manusia untuk berkomunikasi dalam berbagai bidang. Gelombang III terjadi dengan kemjuan teknologi dalam bidang :

a. Komunikasi dan data prosesing

b. Penerbangan dan angkasa luar

c. Energi alternative dan energi yang dapat diperbaharui

d. Terjadinya urbanisasi yang disebabkan oleh kemajuan teknologi komunikasi dan transportasi

Gelombang III ini melahirkan suatu masyarakat dunia yang dikenal dengan THE GLOBAL VILLAGE (KAMPUNG GLOBAL). DIPERKIRAKAN PUNCAKNYA PADA 10-20 TAHUN MENDATANG.

Globalisasi memunculkan perubahan-perubahan :

  • Perubahan dari masyarakat industry ke masyarakat informasi
  • Perubahan dari teknologi yang mengandalkan kekuatan tenaga ke teknologi canggih
  • Perubahan dari ekonomi nasional ke ekonomi dunia
  • Perubahan dari jangka pendek ke jangka panjang
  • Perubahan dari sentralisasi ke desentralisasi
  •  Perubahan dari bantuan lembaga ke bantuan diri sendiri
  • Perubahan dari demokrasi perwakilan ke demokrasi partisipatori
  • Perubahan dari sistem hierarki ke jaringan kerja
  •  Perubahan dari utara ke selatan
  •  Perubahan dari satu diantara dua pilihan menjadi macam-macam pilihan

Patricia Aburdace (1990)

10 macam perubahan era globalisasi :

1. Abad biologi

2. Bangunnya sosialisme pasar bebas

3. Cara hidup global dan nasionalisme budaya

4. Dasawarsa kepemimpinan wanita

5. Kebangkitan agama dan millennium baru

6. Kebangkitan dalam kesenian

7. Kemenangan individu

8. Pertumbuhan ekonomi dunia dalam tahun 1990-an

9. Berkembangnya wilayah pasifik

10. Privatisasi /swastanisasi atas negara kesejahteraan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar